31 March 2017

Ngopi Sore Sang Walikota

IMG-20170331-WA0023

IMG-20170331-WA0023Tanpa ada kabar berita sebelumnya, sudah duduk siang menjelang sore itu (31/3/2017) Walikota Bogor, Bima Arya di depan bar Rumah Kopi Ranin. Kedatangannya serasa istimewa karena di meja kayu panjang itu, Bima Arya bertandang sekeluarga lengkap. Ibu Yane Ardian dan putri sulungnya ikut serta bersama.   

Sehari sebelumnya Ibu Yane Ardian memang telah berkunjung untuk ngopi berkaitan dengan persiapan acara yang tengah Beliau persiapkan. Kali kemarin beliau datang terkait dengan penyambutan tamu para kepala daerah yang akan berkunjung ke Bogor.

Kami sempat mendengar langsung dari Walikota tentang pengamatan beliau akan menjamurnya kedai kopi di Kota Bogor. Rupanya beliau sendiri mengamati langsung, berkembang pesatnya kedai kopi di Kota hujan ini. Tentu kami masih ingat, saat pertama Beliau berkunjung ke kedai kami di lokasi lama, adalah ketika beliau baru terpilih menjadi walikota. Keberadaan warung kopi saat itu, belum genap dihitung dengan jari sebelah tangan. Bisa jadi saat ini sudah mendekati seratus lebih kedai kopi yang ada.

Sambil ngobrol tentang kopi, kami menyampaikan bahwa saat ini Kota dan Kabupaten Bogor bisa membusungkan dada di kancah perkopian nasional. Karena di akhir tahun 2016 lalu, juara nasional pertama dalam kontes citarasa kopi kategori robusta adalah dari Cibulao, Cisarua Bogor. Kami sampaikan kisah duo Jumpono dan Yono, petani yang sangat rajin untuk belajar bersama kami selama ini.

Saat pesanan kopi susu seduhan vietnam untuk Bima Arya sampai, dalam seruputan pertamanya kata pertama yang keluar, “enak!’.

Kamipun menyampaikan bahwa dalam house blen yang yang racik untuk membuat kopi tersebut, ada kandungan kopi robusta Cibulao. Artinya kopi Cibulao memiliki peran besar dalam membentuk citarasa ketika kopi diracik bersama kopi dari daerah lainnya.

Terkesima dengan kopi Cibulao, Walikota Bogor langsung memasang apron barista dan ingin ambil bagian dalam ikut mempromosikan kopi kota sendiri. Jadilah Walikota sore itu menjadi barista mendadak. Kali ini seduhan Walikota adalah V60 untuk kopi arabika Cibulao.
bima aryaKetika menikmati kopi sambil menikmato sore yang teduh, banyak cerita ringan kami dengan walikota juga dengan istri beliau. Cerita tentang kopi-kopi yang kami peroleh secara langsung dari keluarga petani. Cerita perjalanan kami mengunjungi dan berbagi pengetahuan tentang citarasa kopi kepada para petani. Juga tentang kegiatan cupping atau uji citarasa kami kepada pada penggemar kopi di Bogor yang selama ini kami lakukan. Sampai  hari ini kami telah melakukan cupping free ke pengunjung hampir 100 kali.

Terima kasih Pak Walikota. Semoga tetap semangat dan terus sukses dalam menata dan memperindah kota Bogor menjadi kota taman yang nyaman. Sehabis ngantor,  silahkan singgah dan ngopi-ngopi cantik lagi Pak.