5 October 2017

Bingkisan Kopi Ranin untuk Jokowi

IMG-20171001-WA0059

Presiden Joko Widodo mengundang perwakilan dari insan perkopian tanah air ke Istana Bogor pada hari kopi internasional, Minggu 1 Oktober 2017. Sejumlah pemilik kedai dan coffee shop, para barista, perwakilan petani, roaster kopi, juri dan trainer barista, juga kalangan penulis, aktor dan sutradara film hadir pada acara khusus kopi yang pertama kali diselenggarakan oleh pihak kepresidenan.

Presiden Jokowi sangat mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukan selama ini untuk memajukan kopi di tanah air. Menurut Presiden  nilai tambah kopi harus terus ditingkatkan khususnya di tingkat petani, sehingga kopi benar-benar menciptakan kesejahteraan bagi bangsa. Presiden mendorong insan perkopian untuk terus berkarya tidak hanya di tanah air tetapi juga di luar negeri. Brand kopi Indonesia harus terus dibangun mendunia.

IMG-20171001-WA0023

Tejo Pramono sebagai co-founder dari Rumah Kopi Ranin pada pertemuan dengan Presiden menyampaikan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kualitas kopi secara nasional adalah dengan melakukan pelatihan untuk para petani menjadi tester kopi atau cupper. Tejo menceritakan pengalaman mendidik petani kopi di Cibulao Bogor yang tahun 2016 lalu menjadi juara nasional. Juga pengalaman merintis pendirian sekolah kopi di wilayah Toba sebagai program pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan yang didanai oleh PT Toba Pulp Lestari.

Presiden menyatakan keinginan agar Indonesia punya sekolah kopi dan saat itu juga langsung menjanjikan akan memberikan 10 beasiswa pada aspek budidaya, pengolahan, roasting ataupun barista. Presiden ingin agar secepatnya dan sebanyak-banyaknnya dihasilkan trainer dan tenaga ahli untuk mendorong perkopian Indonesia.

IMG-20171001-WA0119

Pada kesempatan itu Tejo Pramono mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan bingkisan kopi kepada Presiden Jokowi. Di dalamnya adalah kopi yang dihasilkan melalui proses sekolah disertai dengan desain arsitektur sekolah yang kini tengah dibangun fisiknya dari punggung bukit Sipinsur yang persis di muka Danau Toba. Ikut pula disampaikan dalam bingkisan poster Peta Citarasa dan Aroma Kopi Nusantara yang juga disusun oleh Rumah Kopi Ranin.

Terima Kasih Pak Presiden atas dukungannya pada perkopian tanah air.